Tuesday, December 11, 2012

It's just a process

ngatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.
Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

(Ulangan 8 : 2 - 3)
Masalah adalah suatu keadaan/ kenyataan yang ga sesuai dengan harapan kita...selama kita masih bernapas kita ga akan jauh-jauh ama yang namanya masalah..masalah ada dalam proses kehidupan manusia. Dari kita lahir, masalah udah ikut sama kita, dia bertambah besar seiring dengan bertambah nya usia kita. Waktu kecil masalah yang kita hadapi cuma masalah lapar n haus ajah..tapi seiring bertambahnya usia,,masalah yang kita hadapi makin banyak n makin complicated,,,why??karena semakin bertambahnya usia kita, semakin banyak juga tanggung jawab yang kita emban, makin banyak teman2 kita, makin banyak hubungan antar pribadi yang kita jalin (sahabat, pacar, suami/istri, anak2, atasan-bawahan, dsbnya), dan makin banyak keputusan yang kita ambil yang berdampak atas kehidupan kita dan orang lain dimasa yang akan datang...

Ayat diatas cukup menampar gw saat gw mulai congkak atas kemenangan gw atas masalah2 yang bisa gw handle...Ayat diatas menceritakan bagaimana penyertaan Tuhan atas hidup bangsa Israel. Kita tau lah gimana tegar tengkuknya bangsa Israel..Bangsa ini punya masalah ama yang namanya penundukan diri alias ketaatan...Mereka lupa gimana Tuhan membebaskan mereka dari perbudakan dan penindasan bangsa Mesir, gimana Tuhan menjanjikan kepada mereka tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madunya, gimana Tuhan menjaga mereka selama 40 tahun dipadang gurun waktu siang dan malam...Tuhan kasih mereka tiang awan buat memberikan keteduhan bagi mereka agar mereka bisa berjalan disiang hari tanpa kepanasan, dan tiang api buat menjaga agar mereka tetap hangat dalam dinginnya malam hari (cuaca di gurun sangat ekstrim....siang hari sangat panas, dan malam hari sangat dingin)..., gimana Tuhan provide setiap kebutuhan mereka..mereka lapar, Tuhan kasih mereka manna, roti yang turun dari Sorga, mereka bosen makan manna, Tuhan datengin burung2 jadi makanan mereka, gimana Tuhan kasih mereka kemenangan demi kemenangan atas bangsa2 yang melawan mereka selama perjalanan 40 tahun itu...tapi apa balasan bangsa ini..mereka berpaling dari Tuhan, mereka menyembah ilah2 lain, mendirikan patung untuk disembah, mereka ga taat sama Tuhan, dibilang kalo manna diambil secukupnya n jangan disimpan..mereka simpan manna itu n akhirnya busuk berulat...bangsa ini udah liat kuasa Tuhan masih bisa kuatir akan masalah perut mereka....Tapi Tuhan sabar n setia...semarah-marahnya Tuhan sama bangsa yang nyebelin ini..cinta Tuhan buat bangsa ini ga pernah berkurang kadarnya..penyertaannya n janjinya tetep digenapi....malah Tuhan bilang "sape yang memberkati lu, bakal Gw berkati, sape yang mengutuk lu, akan dapet balasan yang setimpal"..ckckckck.....

Kalo dipikir-pikir...gw rada mirip sama bangsa Israel...gw adalah pribadi yang udah dibebaskan dari yang namanya perbudakan...yapp..perbudakan atas dosa, gw ga lagi hidup dibawah kuasa dosa...hidup gw dah ditebus n dibayar lunas sama darah Yesus..gw emang masih punya potensi untuk berbuat dosa..tapi gw ga terikat dengan dosa..karena hidup gw terikat dengan Tuhan...setelah gw dibebaskan dari perbudakan dosa itu, Tuhan kasih gw keselamatan dan damai sejahtera dihati gw..gw jadi pribadi yang baru, bahkan Tuhan janjikan tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madunya jika gw setia berjalan bersamanya di padang gurun kehidupan gw, disana gw ga akan merasakan yang namanya sakit, penderitaan, kekecewaan, kekurangan dan kekosongan, yang ada cuma kebahagiaan, berkat yang melimpah, hidup yang luar biasa indah...

In fact,,gw punya masalah yang sama dengan bangsa Israel.,,karena gw dlahirkan dengan free will, gw jadi punya masalah dengan penundukan diri alias ketaatan..padang gurun yang gw hadapi juga mirip dengan yang dihadapi bangsa israel...padang gurun adalah proses yang harus gw jalani untuk meraih janji2 Tuhan dalam hidup gw..buat sampe k tanah perjanjian itu, mau ga mau, suka ga suka gw harus melewati padang gurun nan tandus plus gersang itu untuk bisa melihat tanah yang berlimpah susu dan madunya itu...

Dipadang gurun yang hampir membunuh gw itu, seperti bangsa Israel yang bergumul dengan cuaca ekstrim dipadang gurun, gw mengalami hal yang lebih rumit daripada masalah cuaca, gw mengalami yang namanya keadaan yang ga enak, ga sesuai dengan yang gw harapkan, keadaan yang bikin hati gw panas, n bikin gw uring2an,,,tapi Tuhan ga tinggal diam..Dia kasih gw keteduhan disaat kehidupan begitu terik menyengat hati gw..saat keadaan begitu panas menempa hati gw...di padang gurun itu pula gw ngalamin yang namanya penolakan, kesendirian, hampir hilang harapan, dan kekosongan, tapi Tuhan hangatkan kembali hati gw,, Dia yakinkan gw kalo malam pasti berlalu dan menumbuhkan harapan akan hari esok yang lebih baik...sampe akhirnya gw menemukan mata air yang menyejukkan untuk gw melepaskan dahaga gw, mengumpulkan stamina gw menghadapi padang gurun dihadapan gw yang mungkin lebih tandus dari sebelumnya...

Benar saja, padang gurun tetaplah padang gurun, tetap melambangkan suatu tempat yang kering n bisa membunuh harapan siapapun perlahan-lahan....padang gurun yang satu ini membuat gw sangat lapar...lulus kuliah dengan predikat sangat memuaskan, ga menjamin gw langsung mendapatkan pekerjaan, aplikasi2 yang gw masukan keperusahaan belum ada jawaban,,,,menunggu panggilan pekerjaan yang ga kunjung datang...hingga akhirnya Tuhan percayakan gw jadi pekerja lepas harian dengan gaji yang kecil...iman gw berkata "kalo gw setia ma perkara kecil, pasti Tuhan kasih kepercayaan buat gw lakukan perkara besar"....selama 9 bulan iman gw ini diuji, kesombongan dan idealisme gw dihancurkan Tuhan tanpa bersisa...dan penyertaan Tuhan luar biasa...padang gurun ini terlewati, gw dapet pekerjaan tetap dan layak, sehingga kebutuhan gw terpenuhi dan gw bisa mandiri....mata air yang menyejukkan gw temukan...disana gw beristirahat sejenak, mengumpulkan tenaga untuk menghadapi padang gurun yang samar2 terbentang luas dihadapan gw...

Padang gurun ga menyerah menyerang gw....setelah mendapat pekerjaan yang tetap dan layak, gw punya masalah dengan diri gw sendiri...gw kurang bersyukur...gw merasa ga puas dengan apa yang Tuhan kasih, gw ga jauh beda ama bangsa Israel yang udah dikasih manna sama Tuhan tapi minta lebih...n Tuhan sediakan daging buat mereka...Yapp, dulu dengan gaji kecil, gw masih nabung dikit2, tapi dengan pendapatan gw saat itu, gw ga bisa nabung malah defisit...gw kurang bersyukur...dari padang gurun ini gw belajar buat bersyukur atas pemberian Tuhan, gw belajar bagaimana mengelola berkat-berkat dari Tuhan,dan belajar bertahan dalam kondisi apapun...dan akhirnya padang gurun ini terlewati, Tuhan kasih gw berkat2 yang ga terpikirkan sama otak gw....gw bisa nabung walopun ga banyak bahkan bisa kuliah dengan biaya sendiri....disana gw kembali menemukan mata air yang menyejukkan, tempat gw istirahat dan minum untuk kembali mengingat kebaikan Tuhan sebagai bekal untuk menghadapi padang gurun yang luas didepan sana...

Lagi-lagi gw bener2 identik dengan bangsa bebal yang satu ini, gw lupa siapa Pencipta gw, setelah mendapatkan pekerjaan tetap dan layak..gw berpaling dari Tuhan, berselingkuh dari Tuhan, padang gurun membuat gw hampir hilang harapan atas jawaban doa2 gw mengenai pasangan hidup....gw ga beda sama bangsa Israel yang bikin patung lembu emas untuk dsembah, padahal patung itu ga bisa ngapa2in...mereka lupa sama kuasa Tuhan yang mengubahkan hidup mereka, yang menyelamatkan mereka, yang menjaga mereka...dan gw sama seperti mereka, 3 tahun gw menjomblo dan menanti-nantikan jawaban Tuhan atas pergumulan pasangan hidup, gw kecewa dan menyerah, gw lupa sama apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup gw...tapi Tuhan ga menyerah sama gw...Dia buat gw melalui padang gurun ini dengan rasa sakit luar biasa..Tuhan membuka mata hati gw bahwa ga da yang bisa menggantikan posisi Tuhan di hati gw.. dari padang gurun ini gw belajar betapa dalamnya, lebarnya dan luasnya cinta Tuhan buat gw,,dan inilah ujian iman yang terbesar dalam hidup gw....tapi gw ga menyesal pernah mengalami ini semua...kembali lagi Tuhan membawa gw menuju mata air yang menyejukkan….

Padang gurun ini masih sangat luas untuk dijalani....gw ga tau apa yang akan terjadi dihadapan gw nanti...Padang gurun tetaplah padang gurun, tempat yang kering dan dapat mematikan harapan orang2 yang berjalan disana...tapi disanalah juga gw akan dan pasti merasakan bagaimana Tuhan bekerja dengan sempurna atas hidup gw...jangan sampe  kayak bangsa Israel yang satu persatu mati dan ga sampe ke tanah yang dijanjikan Tuhan karena kalah dengan padang gurun itu...gw mau belajar setia sama yang namanya proses..karena proses mengajarkan kerendahan hati dan  penundukan diri sama Tuhan...

GBUs....

Written by : AuRin

No comments:

Post a Comment