Wednesday, March 6, 2013

Just like "Jack Frost, The Guardian"



Hari ini adalah kedua kalinya saya menonton film animasi berjudul “Jack Frost, The Rise of Guardians” dan tokoh Jack Frost sangat menginspirasi bagi saya sampai akhirnya saya memutuskan untuk membagikan apa yang saya dapat dari film ini.

Jack Frost adalah seorang guardian (pelindung) yang tidak terlalu terkenal bahkan dia tidak bisa dilihat (invisible) oleh siapapun. Tugas para guardian adalah menjadi penjaga bagi anak-anak diseluruh dunia, tugas mereka bukan menjaga anak-anak secara fisik, tapi menjaga anak-anak agar tetap memiliki harapan, kasih sayang dan mimpi. Jack Frost adalah guardian baru yang dipilih oleh Man of The Moon (Pria di Bulan) untuk membantu para guardian lainnya karena Pitch/Boogeyman yang adalah Peri Mimpi buruk dan Rasa Takut datang untuk menghancurkan harapan dan mimpi anak-anak didunia. Para guardian lainnya seperti Santa Clause, Kelinci Paskah (Easter Bunny), Peri Gigi (Tooth Fairy), dan Peri Mimpi (Sandman) sangat terkenal dikalangan anak-anak, sedangkan Jack Frost tidak, padahal dia sangat mencintai anak-anak dan selalu berusaha menyenangkan anak-anak dengan salju yang dibuatnya..huhu (padahal Jack Frost ganteng booo...hehe).

Ketika Man of The Moon memilih Jack Frost menjadi guardian, para guardian lainnya berusaha menemukan Jack Frost dan membawanya ke Kutub Utara (North Pole) ketempat Santa Clause berada, disana Santa Clause menanyakan perihal kekuatan inti dari Jack Frost, karena menurutnya seorang guardian dipilih karena mereka memiliki kekuatan inti, tapi Jack Frost kebingungan dan tidak bisa menjawabnya, akhirnya Santa Clause memberikan sebuah boneka matryoshka dirinya (boneka khas Rusia yang berlapis-lapis), Santa Clause menunjukkan bahwa dalam dirinya ada sifat ramah, misterius, pemarah dan pada lapisan terakhir boneka matryoskha terlihatlah seorang Santa kecil dengan mata bulat yang besar, ternyata kekuatan inti dari Santa Clause adalah “Mata Besar” nya, matanya dapat melihat keajaiban, matanya bisa melihat kebaikan yang orang lain tidak bisa lihat, itulah kekuatan inti dari Santa Clause sebagai seorang guardian, dan saat itu Santa Clause menantang Jack Frost untuk menemukan kekuatan intinya sebagai seorang guardian.

Istana Peri Gigi (Tooth Palace) diserang oleh Pitch/Boogeyman, dan para peri gigi dibawa pergi bersama semua gigi anak-anak didunia. Ternyata dalam setiap gigi yang dicuri oleh Pitch terdapat kenangan masa kecil setiap anak didunia, termasuk Jack Frost. Jack Frost benar-benar tidak ingat bagaimana masa kecilnya, dan dia bertekad untuk menyelamatkan para peri dan mendapatkan semua gigi termasuk giginya, demi mengetahui bagaimana masa kecilnya dan kenapa dia bisa dipilih menjadi seorang guardian.

Singkat cerita, Jack Frost mendapatkan giginya dan dengan bantuan peri gigi dia bisa melihat masa kecilnya. Jack Frost adalah seorang anak laki-laki biasa yang memiliki seorang adik perempuan yang sangat disayanginya. Disuatu hari yang dingin dan bersalju, Jack Frost dan adik perempuannya pergi ke danau yang membeku untuk bermain ice skating, tapi ditengah-tengah kegembiraan mereka bermain, tempat dimana adik perempuannya berdiri mulai retak, dan adiknya pun ketakutan. Jack Frost dengan sabar tetap menenangkan adiknya dan membimbingnya untuk pelan-pelan maju ketempat yang lapisan es-nya masih kuat. Jack Frost mencoba menenangkan dengan mengatakan “Ayo kita bersenang-senang sedikit, jangan takut...”, akhirnya adiknya mulai bergerak maju, dan Jack Frost menarik adiknya ketempat yang lebih aman dengan sepotong kayu, karena kurangnya keseimbangan pada saat menarik adiknya ketempat yang lebih aman, Jack Frost malah tergelincir ke lapisan es yang retak dan mati tenggelam kedasar danau yang dingin. Inilah awal Man of Moon memilih Jack Frost sebagai seorang guardian (pelindung) bagi anak-anak. Dan kenangan masa kecilnya inilah yang membuat Jack Frost menemukan kekuatan intinya sebagai seorang guardian, kekuatan intinya adalah Jack Frost dapat membuat segala sesuatu yang menakutkan dan membosankan menjadi menyenangkan, menjadikan sesuatu yang buruk menjadi indah dan menarik serta menjadikan sesuatu yang diabaikan menjadi penting.

Jack Frost mungkin hanya tokoh animasi fiktif yang terlahir dari imajinasi manusia kreatif. Tapi kita bukanlah tokoh fiktif, kita adalah manusia nyata yang diciptakan Tuhan Yang Maha Segalanya, dengan kebaikan, kemampuan, bakat, dan talenta yang Tuhan taruhkan pada setiap kita. Kita terlahir kedunia dengan membawa pesan bagi dunia ini (kekuatan inti). Tuhan tidak iseng-iseng saat mengijinkan kita terlahir didunia ini, kita semua dipersiapkan untuk sebuah tujuan yaitu memuliakan namaNya lewat hidup kita. Kalau Tuhan memberikan suara yang indah pada kita, bernyanyilah dan sentuhlah hati orang lain dengan suara kita. Kalau Tuhan memberikan kemurahan hati pada kita, berbagilah dengan mereka yang kekurangan. Kalau Tuhan menciptakan kita dengan hati yang selalu sukacita, tularkanlah sukacita itu pada mereka yang hari-harinya seringkali dipenuhi air mata. Jadilah para guardian (pelindung) bagi orang-orang disekitar kita, jangan sampai keberadaan kita menimbulkan ketakutan bahkan mimpi buruk bagi mereka. Harapan dan kasih sayang akan tetap ada jika kita bersedia berbagi dan peduli dengan mereka yang sudah mulai hilang harapan dan mulai tidak percaya kalau kasih sayang itu masih ada didunia ini...siapa tau orang yang hidup dalam ketakutan dan hampir hilang harapan itu ada didekat kita...jadilah guardian untuknya...

“Ayo kita bersenang-senang sedikit, jangan takut...” (Jack Frost)

Written by_AuRin

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Matius 5.16

1 comment:

  1. menyentuh hati babget untuk berusaha berbuat yg terbaik . thank you !

    ReplyDelete